Selasa, 25 November 2008

Perbankan Syariah(Solution For Economic Global Crisis)

Perbankan Syariah dalam Menghadapi Krisis Global
Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang ini dunia sedang menghadapi krisis global dalam bidang ekonomi yang asal mulanya berasal dari negara setan amerika serikat. Karena kebodohan dan kecerobohannya dalam memberikan kredit kepada orang yang salah mengakibatkan perekonomian negara tersebut mengalami bangkrut, beberapa perusahaan raksasa yang selama ini di agung-agungkan satu persatu menyatakan bangkrut karena tidak bisa menutupi kerugiannya.
Apakah hal ini menjadi cikal bakal tegaknya ekonomi islam diatas muka bumi ini?Apakah ekonomi islam akan menjadi solusi yang tepat terhadap permasalahan ini?
Jawaban dari dua pertanyaan mendasar itu adalah bisa YA bisa juga TIDAK. Mengapa?Karena semua itu tergantung kepada diri umat islam itu sendiri. Jawabannya bisa YA kalau umat islam mulai dari sekarang mengembangkan sistem ekonomi islam yang oleh masyarakat barat sistem ini mulai dipelajari dan tidak sedikit negara Eropa telah menggunakan sistem ekonomi ini. Kalau kita tidak segera dan tidak berbuat apa2 maka kita akan tertinggal dari mereka yang mayoritasnya adalah kafir. Bagaimana dengan Indonesia?Seiring dengan berjalannya waktu, telah lahir beberapa bank umum syariah dan berberapa unit usaha syariah. Sebenarnya saya sendiri sabagai penulis kurang sutuju dalam penggunaan kata syariah disini karena seharusnya memakai kata bank islam. Kenapa namanya bukan bank islam?Sperti kita ketahui penyakit paranoid bangsa ini jika mendengar kata2 islam sangat berbahaya. Terlalu banyak pengaruh2 asing di negara ini sehingga sangat memusuhi yang namanya islam. Untuk itulah guna menjaga kemungkinan yang ada maka kata2 syariahlah yang dipakai sampai sekarang. Saya sangat optimis dan yakin suatu saat nanti ekonomi islam akan menjadi solusi masalah perekonomian di muka bumi ini dan akan menjadi sebuah sistem yang mambawa kesejahteraan bagi umat manusia. Aaaaaamin.

Tidak ada komentar: